Karakteristik Pengguna dan Kebutuhan Informasinya di Perpustakaan Umum

Karakteristik Pengguna dan Kebutuhan Informasinya di Perpustakaan Umum

  • Ari Suryadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kata kunci: : karakteristik pengguna, kebutuhan informasi, perpustakaa umum

Abstract

ABSTRAK

 

Pendahuluan. Penelitian ini membahas tentang “Karakteristik Pengguna dan kebutuhan informasinya di perpustakaan umum”. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahannya adalah bagaimanakah karakteristik pengguna dan kebutuhan informasinya di Perpustakaan Umum?. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimanakah karakteristik pengguna dan kebutuhan informasinya di Perpustakaan Umum.

Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative research) dengan studi kepustakaan (literatur).

Hasil dan pembahasan. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa beberapa karakteristik dari pengguna: Pendiam, tidak sabar, banyak bicara, banyak permintaan, peragu, senang membantah, lugu, siap mental, yang curiga, dan yang sombong. Dan ada tiga jasa pemustaka kebutuhan akan informasinya yaitu jasa untuk anak-anak, jasa untuk remaja, dan jasa untuk orang dewasa.

Kesimpulan dan saran. Perpustakaan umum seharusnya dapat menjadi bagian yang penting dalam masyarakat jika mereka dapat memainkan perannya secara utuh dalam setiap kegiatannya. Oleh karena itu, perpustakaan umum dapat bekerja dengan kelompok lain dan beberapa elemen masyarakat.

 

 

Kata kunci: : karakteristik pengguna, kebutuhan informasi, perpustakaa umum

 

Published
2023-04-14
How to Cite
Suryadi, A. (2023). Karakteristik Pengguna dan Kebutuhan Informasinya di Perpustakaan Umum: Karakteristik Pengguna dan Kebutuhan Informasinya di Perpustakaan Umum. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 21-32. https://doi.org/10.30631/baitululum.v6i1.117