Evaluasi Program Kelas Menulis Komunitas Kanot BU di Banda Aceh Terhadap Literasi Informasi Peserta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program kelas menulis komunitas Kanot Bu terhadap literasi informasi. Aspek evaluasi dan literasi informasi mencakupi bentuk kegiatan program, dampak terhadap literasi informasi, perubahan cara mengakses informasi, umpan balik peserta dan anggota komunitas, penghargaan dan pengakuan serta kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini 5 orang peserta dan 3 orang anggota komunitas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, komunitas Kanot Bu telah berupaya dalam memperkuat budaya literasi informasi melalui tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini menghasilkan pandangan yang positif dari peserta terhadap kegiatan menulis serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka dalam mencari dan mengakses informasi menggunakannya dalam tulisan mereka. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi peserta yaitu keterbatasan waktu, akses yang sulit menuju lokasi serta rendahnya tingkat kepercayaan diri terhadap kemampuan menulis peserta. Oleh karena itu, program ini disarankan untuk dipertahankan dan dikembangkan agar dapat menjangkau lebih banyak peserta dalam memperkuat literasi informasi.